Berita  

Kedai IDEA Coffee Jakarta, Sajikan Kopi Gayo Asal Payatumpi

Kedai IDEA Coffee Jakarta, Sajikan Kopi Gayo Asal Payatumpi

Laporan Fikar W Eda | Jakarta

panthic.net, JAKARTA – IDEA Coffee, kedai kopi yang berada di Jalan Cikini Raya, Menteng Jakarta, menyajikan salah satu andalannya, Kopi Gayo  asal Kampung Payatumpi, Kecamatan Kebayakan Aceh Tengah.

Andalan lainnya kopi asal  Papua, Toraja, Pangalengan Jawa Barat dan beberapa kopi dari sejumlah daerah di Indonesia.

“Kami menyajikan kopi dari Gayo sampai Papua,” kata pendiri IDEA Coffee, Budi Nugroho, Rabu (30/3/2022) malam.

Budi yang pernah bekerja sebagai wartawan majalah berita di Jakarta, mengaku mulai menekuni dunia kopi sejak sepuluh tahun silam sejak berkenalan dengan kopi Gayo pada salah satu pameran di Jakarta. Ia  kemudian mendirikan IDEA Coffee lima tahun lalu dan sejak tiga bulan lalu menempati kedai kopi di Jalan Cikini Raya.

“Sebelumnya saya membuka kedai untuk kalangan terbatas di rumah pribadi. Namun saya lebih menitik beratkan pada usaha edukasi kopi. Tapi sejak pindah ke Cikini, kami juga menekuni usaha kedai untuk kalangan luas,” katanya.

Kopi Gayo yang ia peroleh berasal dari suplayer di Aceh Tengah.”Kopi Gayo yang kami sajikan berasal dari Payatumpi, Kecamatan Kebayakan,” jelas Budi.

Pria asal Surakarta ini mengaku awalnya bukan peminum kopi, tapi peminum teh. Alasannya, ia selalu mengalami gangguan kenyamanan saat minum kopi. 

“Kalau minum kopi, jantung saya berdebar, perut kembung,” katanya.

Tapi suatu ketika, ia disuguhi kopi Gayo, ia nekad mencoba. “Anehnya, saya tidak merasa ada gangguan apa-apa. Sejak itulah saya akrab dengan kopi Gayo dan kemudian membuka usaha kopi,” cerita Budi.

Budi Nugroho berencana akan melakukan perjalanan kopi ke Gayo bersama-sama dengan para penikmat kopi di Jakarta. 

“Saya menjual kopi Gayo tapi belum pernah ke Gayo. Insya Allah kami  jadwalkan perjalanan ke Gayo, sekaligus wisata kopi,” katanya.(*)

Baca juga: Wabup Aceh Tengah Firdaus Temui Dirjen PSP Kementan, Bahas Pemulihan Ekonomi Berbasis Kopi Gayo



#Kedai #IDEA #Coffee #Jakarta #Sajikan #Kopi #Gayo #Asal #Payatumpi

Sumber : aceh.tribunnews.com