Berita  

Khazanah Piasan Nanggroe Sudah Di-launching, 101 Even akan Warnai Pariwisata Aceh

Khazanah Piasan Nanggroe Sudah Di-launching, 101 Even akan Warnai Pariwisata Aceh

Ada 101 even yang masuk dalam Khazanah Piasan Nanggroe 2022, mulai budaya, adat, petualang, sejarah, hingga kuliner.

Laporan Muhammad Nasir I Banda Aceh

panthic.net, BANDA ACEH – Aceh siap menyambut kembali para wisatawan di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang semakin membaik.

Sejumlah destinasi dibenahi, berbagai atraksi sudah disiapkan.

Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh me-launching kalender even wisata Aceh selama 2022, yang kini diberi nama Khazanah Piasan Nanggroe, Selasa (22/3/2022) di Gedung Amel Convention Hall, Banda Aceh.

Ada 101 even yang masuk dalam Khazanah Piasan Nanggroe 2022, mulai budaya, adat, petualang, sejarah, hingga kuliner.

Dari jumlah itu, tiga even wisata unggulan Aceh masuk dalam program Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 Kemenparekraf, yakni Aceh Festival Ramadhan, Aceh Culinary Festival, dan Aceh Perkusi.

Salah satunya terpilih dalam Top Ten KEN 2022, yakni Aceh Culinary Festival yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Baca juga: VIDEO – Meriahnya Aceh Street Food Festival, Sajian Musik hingga Kulineran

Gubernur Aceh, Nova Iriansyah saat peluncuran menyambut baik agenda wisata di Aceh yang telah disusun, setelah sempat terhenti karena pandemi Covid-19.

Meskipun sempat mengalami penurunan jumlah kunjungan wisatawan, gubernur yakin, tahun ini semangat wisata Aceh kembali bergeliat.

Oleh karena itu, katanya, Pemerintah Aceh bergerak cepat menyusun even wisata semenarik mungkin agar mampu mendatangkan wisatawan domestik dan mancanegara untuk bisa berkunjung ke Aceh.

“Aktivitas wisata kita sempat mengalami penurunan akibat pandemi, namun kita harus yakin, tahun ini pandemi bisa mereda dan geliat wisata kembali bergeliat dan normal,” ujar gubernur.

Gubernur menambahkan, pembangunan pariwisata di Aceh harus mendapat prioritas untuk dikembangkan melalui tiga komponen yaitu Aksesbilitas, Amenitas dan Atraksi.

Ia berharap, masyarakat dunia bisa mengambil momentum ini untuk bisa mengenal lebih dekat wisata, seni dan budaya Aceh. (*)

Baca juga: VIDEO Kadis Pariwisata Aceh Tengah Tutup Lomba Perahu Dayung Tradisional di Danau Lut Tawar



#Khazanah #Piasan #Nanggroe #Sudah #Dilaunching #akan #Warnai #Pariwisata #Aceh

Sumber : aceh.tribunnews.com