Top10  

Resep Donat Empuk dan Lembut Tanpa Mixer

Anda sedang mencari inspirasi resep Donat Empuk dan Lembut Tanpa Mixer yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Donat Empuk dan Lembut Tanpa Mixer yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Donat Empuk dan Lembut Tanpa Mixer, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Donat Empuk dan Lembut Tanpa Mixer enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Donat Empuk dan Lembut Tanpa Mixer adalah 6-12 pcs. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Donat Empuk dan Lembut Tanpa Mixer diperkirakan sekitar -+2 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Donat Empuk dan Lembut Tanpa Mixer sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Donat Empuk dan Lembut Tanpa Mixer memakai 15 jenis bahan dan 13 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Donat Empuk dan Lembut Tanpa Mixer:

  1. Bahan Adonan:
  2. 250 gr Tepung terigu (Saya pakai segitiga biru)
  3. 3 sdm Gula halus
  4. 2 sdm Susu fullcream bubuk
  5. 1 jumput Garam
  6. 2 Kuning telur
  7. 1 sdm Butter
  8. 1/2 sdt SP
  9. 1 sdt Ragi instan (Saya pakai fermipan)
  10. 1 sdt Gula pasir
  11. 100 ml Air matang hangat kuku
  12. Topping: (Optional)
  13. Butter/Margarin
  14. Keju parut
  15. Gula halus

Langkah-langkah untuk membuat Donat Empuk dan Lembut Tanpa Mixer

  1. Siapkan gelas, masukan gula pasir, ragi instan, air dan aduk hingga tercampur rata. Lalu tutup gelas dengan rapat, diamkan selama 5 menit (hingga berbuih mengembang)
  2. Setelah 5 menit siapkan wadah lainnya, masukan terigu, gula halus, susu bubuk, kuning telur dan campurkan ragi yang sudah berbuih tadi, aduk hingga tercampur rata, lalu uleni menggunakan tangan hingga setengah kalis (jika adonan masih dirasa agak kering boleh tambahkan air matang 1-2 sdm)
  3. Setelah setengah kalis, masukan garam, butter dan SP, uleni kembali hingga butter tercampur rata ke seluruh adonan hingga tidak terlihat ada butter yang menggumpal (agar cepat tercampur boleh menguleninya seperti memeras cucian ya buibu :D)
  4. Jika dipastikan adonan sudah tercampur rata, bulatkan adonan dan letakan kembali dalam wadah lalu tutup dengan serbet bersih/plastik wrap, diamkan selama 1 jam hingga mengembang 2 kali lipat dari ukuran sebelumnya Notes: jika saat dibulatkan adonan masih lengket ditangan tidak apa apa ya, setelah didiamkan 1 jam tidak akan lengket lagi
  5. Setelah didiamkan selama 60 menit, buka serbet/plastik wrapnya, lalu tinju tinju adonan hingga kempes
  6. Keluarkan adonan dan simpan di alas yang datar, lalu uleni kembali sebentar, setelah itu bulatkan kembali adonan. Kemudian bagi rata sesuai selera dan simpan satu persatu di kertas nasi yang sudah dibagi sesuai banyaknya adonan (saya menjadi 12 bagian) Notes: pakai alas kertas nasi/kertas roti agar tidak lengket dan mudah mengambilnya saat akan digoreng
  7. Jika sudah dibagi rata, bentuk satu persatu adonan dan urutkan dari pertama yang dibentuk (bagian adonan yang belum dibentuk pastikan ditutup serbet bersih agar tetap lembab)
  8. Jika semua adonan sudah terbentuk, tutup kembali dengan serbet bersih selama 30 menit
  9. Setelah 30 menit, buka serbet, dan siapkan minyak panas dengan api sedang cenderung kecil
  10. Masukan adonan ke dalam minyak panas sesuai urutan yang pertama dibentuk, goreng hingga kecoklatan (jangan di bolak balik, cukup 1 kali balik saja)
  11. Setelah digoreng kecoklatan, angkat donat, lalu tiriskan
  12. Terakhir beri topping sesuai selera (saya diolesi bagian atasnya dengan margarin, lalu beri gula halus dan keju parut)
  13. Selamat mencoba 🙂

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat Donat Empuk dan Lembut Tanpa Mixer yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!