Top10  

Resep Donat Empuk tanpa kentang

Anda sedang mencari inspirasi resep Donat Empuk tanpa kentang yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Donat Empuk tanpa kentang yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Donat Empuk tanpa kentang, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Donat Empuk tanpa kentang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Donat Empuk tanpa kentang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Donat Empuk tanpa kentang memakai 10 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Cemilan berat kesukaannya anak sholeh. Di cocol cocol ke gula halus aja udah lahap dia mah, Maasyaa Allah… 😍 #Cookpadcommunity_semarang #Semangcookhokya #Idemasakku

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Donat Empuk tanpa kentang:

  1. 250 gr terigu protein tinggi (me: mix dgn pro sedang)
  2. 1 butir kuning telur
  3. 1 Sdm susu bubuk putih (opsional, me: skip)
  4. 3 sdm gula halus
  5. 2,5 sdm margarin
  6. Sejumput garam
  7. Bahan larutan ragi:
  8. 120 ml air hangat kuku/ susu cair hangat
  9. 1 sdt ragi (fermipan, dsb)
  10. 1/2 sdm gula

Langkah-langkah untuk membuat Donat Empuk tanpa kentang

  1. Larutkan bahan cair (ragi, air/susu, dan 1/2 sdm gula) aduk rata dan tutup, biarkan hingga berbuih banyak.
  2. Dalam wadah campurkanlah tepung, gula halus, kuning telur, dan larutan ragi, kemudian uleni hingga setengah kalis. Setelah agak kalis baru tambahkan margarin dan garam lalu uleni hingga kalis elastis (me: pake mixer)
  3. Setelah kalis elastis, bulatkan adonan dan diamkan adonan mengembang hingga 2x lipat. Biar cepet, bisa jemur wadahnya dibawah terik matahari atau bisa juga taruh wadah adonannya di atas panci yg berisi air panas.
  4. Setelah mengembang 2x lipat, kempiskan atau tinju adonan agar udara yg terjebak di dalam adonan bisa keluar, lalu bagi adonan dan bentuk bulat (me: jadi 12 pcs dgn berat kurleb 35gr). Taruh adonan donat yg sudah di bulatkan di atas silmat yg sudah ditaburi tepung tipis, lalu tutup kembali dgn kain, biarkan hingga mengembang kembali 2x lipat.
  5. Setelah mengembang, buka tutupnya, dan siapkan minyak yg sudah panas, bolongi donat tadi kemudian goreng di api kecil agar tak mudah gosong. Balik 1x saja ya agar tak menyerap banyak minyak dan white ringnya bagus. Jika sudah matang angkat dan tiriskan.
  6. Sajikan dgn toping meses atau gula bubuk saja sudah enak 😋

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat Donat Empuk tanpa kentang yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!