Top10  

Resep Donat jadul empuk

Anda sedang mencari inspirasi resep Donat jadul empuk yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Donat jadul empuk yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Donat jadul empuk, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Donat jadul empuk enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Donat jadul empuk adalah 12 biji. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Donat jadul empuk sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Donat jadul empuk memakai 9 jenis bahan dan 13 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Donat makanan kesukaan semua usia, kalau saya lebih suka donat yang masih hangat dengan taburan gula salju. Ehm…. Rasanya nyes banget, bisa nambah lagi dan lagi. Bahannya gampang didapat dan caranya mudah banget. Cocok buat teman nyemil musim hujan #TiketGoldenBatikApron

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Donat jadul empuk:

  1. 250 gr terigu segitiga biru
  2. 30 gr gula pasir halus
  3. 1 sdm ragi instan
  4. 30 gr mentega
  5. 1 kuning telur
  6. 1 sdm susu bubuk
  7. Secukupnya garam
  8. 200-250 ml susu cair/air matang
  9. 100 gr gula salju/decros untuk taburan

Langkah-langkah untuk membuat Donat jadul empuk

  1. Siapkan semua bahan. Buat biang untuk mengecek keaktifan ragi dengan cara masukkan ragi instan dan sedikit gula, campur bersama 50 ml air hangat kuku, aduk rata dan diamkan beberapa menit. Jika biang berbuih dan mengembang tpertanda bahwa ragi masih aktif dan dapat digunakan.
  2. Campur semua bahan ke dalam wadah, aduk rata dengan tangan atau bisa dengan menggunakan mikser.
  3. Masukkan biang ke dalam bahan yang sudah dicampur rata.
  4. Aduk rata, dan tambahkan air sedikit demi sedikit hingga adonan tercampur rata.
  5. Uleni adonan hingga kalis (tidak lengket di tangan).
  6. Setelah kalis diamkan adonan hingga mengembang kurang lebih 20-30 menit hingga menggembang 2x lipat.
  7. Setelah mengembang, timbang afonan dengan berat 40gr, bulatkan.
  8. Lubangi bagian tengah adonan dengan jari tangan/tutup botol.
  9. Tutup dengan plastik dan diamkan hingga mengembang. Sembari menunggu adonan mengembang panaskan minyak dengan api kecil.
  10. Setelah adonan mengembang (tandanya adonan ringan saat diangkat) goreng dengan api sedang. Cukup sekali balik saja (jika terlalu sering di bolak balik maka adonan akan terlalu banyak menyerap minyak) Selain itu akan muncul white ring seperti donat yang ada di toko-toko roti itu😍
  11. Jika sudah berwarna kecoklatan, angkat donat dan tiriskan.
  12. Tambahkan taburan gula salju pada donat🥯🥯🥯
  13. Tarra kue donat siap dinikmati bersama keluarga😘

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat Donat jadul empuk yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!