Top10  

Resep Donat Pandan Empuk

Anda sedang mencari inspirasi resep Donat Pandan Empuk yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Donat Pandan Empuk yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Donat Pandan Empuk, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Donat Pandan Empuk enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Donat Pandan Empuk sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Donat Pandan Empuk memakai 9 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Dari kemarin dapet notif buat ikutan challenge golden batik apron, tadinya gak ada niat buat ikutan soalnya suka males nulis resep dan kalau lagi proses bikin sesuatunya itu suka lupa cekrek² tahap demi tahap pembuatannya. Tapi karena penasaran dan merasa tertantang, akhirnya dicoba dulu aja. Karena kalau gak dicoba kita ga bakalan bisa tau kemampuan kita. Berhasil tidaknya, urusan belakangan yg penting udah ada usaha. Semaaangaaaatt 2022.. 💪 #TIKETGoldenBatikApron

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Donat Pandan Empuk:

  1. 250 Gram Tepung Terigu
  2. 10 gram Susu Bubuk Full Cream
  3. 40 gram Gula Pasir
  4. 1 Butir Kuning Telur
  5. 125 ml Air, jika kurang bisa ditambah
  6. 1 sdt Ragi Instan, saya Fermifan
  7. 30 gram Margarin
  8. 1/2 sdt Garam
  9. Secukupnya Pasta Pandan

Langkah-langkah untuk membuat Donat Pandan Empuk

  1. Siapkan semua bahan. Pertama campur tepung terigu, susu bubuk, kuning telur dan gula pasir. Lalu masukkan air yg sudah ditambah dengan pasta pandan, aduk hingga tercampur rata. Diamkan adonan selama minimal 2 jam, boleh lebih.
  2. Campur fermifan dgn 1 sdm air, aduk hingga menjadi pasta. Lalu masukkan kedalam adonan tepung yg sudah didiamkan, aduk hingga tercampur rata. Masukkan margarin dan garam, lalu uleni hingga kalis elastis.
  3. Bagi adonan menjadi beberapa bagian sesuai selera, lalu bulatkan/rounding hingga permukaannya mulus. Tutup dengan kain serbet bersih lalu diamkan selama 10-15 menit.
  4. Ambil adonan yg pertama dibulatkan/dirounding. Pipihkan adonan dgn tangan/alas datar lalu lubangi donat. Saya menggunakan scraper untuk memipihkan adonan, ring cutter untuk memotong bagian pinggiran adonan, dan untuk melubanginya saya pakai spuit.
  5. Tata diatas baking paper/kertas roti yg sudah ditabur sedikit tepung terigu. Saya pakai dus snack makanan yg dipotong-potong bulat. Diamkan hingga mengembang 2X lipat, sesuai suhu di daerah masing-masing. Saya diamkan kurang lebih 1 jam.
  6. Goreng dengan api kecil, sekali balik aja.
  7. Setelah dingin, beri topping sesuai selera. Saya hanya ditabur gula donat.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat Donat Pandan Empuk yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!