Top10  

Resep Donat Pandan Empuk

Anda sedang mencari inspirasi resep Donat Pandan Empuk yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Donat Pandan Empuk yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Donat Pandan Empuk, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Donat Pandan Empuk enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Donat Pandan Empuk adalah 25 Pcs. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Donat Pandan Empuk diperkirakan sekitar 1 jam 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Donat Pandan Empuk sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Donat Pandan Empuk memakai 10 jenis bahan dan 10 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Source: Ig @maudimoedjono

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Donat Pandan Empuk:

  1. 400 gr Tepung Cakra Kembar
  2. 100 gr Tepung Kunci Biru
  3. 5 Sdm Gula pasir
  4. 2 Kuning Telur
  5. 100 gr Margarine (Lelehkan)
  6. 7 gr Ragi
  7. 2 Sdm Susu Bubuk
  8. 250 ml Air Hangat
  9. 2 Lembar Daun Pandan
  10. Perisa Daun Pandan

Langkah-langkah untuk membuat Donat Pandan Empuk

  1. Masukan 250 ml air hangat dan daun pandan kedalam blender, haluskan lalu saring airnya
  2. Di wadah lain campurkan tepung cakra dan tepung kunci biru
  3. Diwadah lain campurkan ragi, gula, 6 Sdm Tepung campuran tadi dan 250 ml air saringan daun pandan, aduk perlahan searah
  4. Sedikit² masukan campuran tepung tadi kedalam adonan ragi hingga tersisa setengahnya, campurkan telur, margarine, susu bubuk, 2 tetes perisa pandan. Aduk rata
  5. Masukan sisa tepung setengahnya kemudian uleni hingga kalis, tekstur adonan akan lengket jangan khawatir uleni terus lama² adonan akan kalis. Tarik² adonan hingga elastis, uleni sampai kalis seperti di gambar (boleh pakai mixer)
  6. Diamkan adonan hingga mengembahng ± 1 jam tutup adonan dengan plastik warp
  7. Setelah 1 jam adonan akan mengembang 2x lipat, pukul adonan dan uleni kembali untuk mengeluarkan udara
  8. Bulatkan dan timbang adonan sesuai selera, diamkan lagi adonan yg sudah dibulatkan selama 15 menit, bolongi tengahnya lalu goreng
  9. Goreng pakai api sedang kecil, jangan bolak balik adonan, cukup sekali dibalik saja agar donat tidak berminyak
  10. Setelah matang tiriskan dan taburi dengan gula halus atau diberi toping coklat sesuai selera

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat Donat Pandan Empuk yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!