Top10  

Resep Donat Pisang (1x proofing, EMPUK! 😋👍)

Anda sedang mencari inspirasi resep Donat Pisang (1x proofing, EMPUK! 😋👍) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Donat Pisang (1x proofing, EMPUK! 😋👍) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Donat Pisang (1x proofing, EMPUK! 😋👍), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Donat Pisang (1x proofing, EMPUK! 😋👍) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Donat Pisang (1x proofing, EMPUK! 😋👍) adalah 12 donat. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Donat Pisang (1x proofing, EMPUK! 😋👍) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Donat Pisang (1x proofing, EMPUK! 😋👍) memakai 8 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Halo Sobat Cookpad 😘 Jika punya sisa pisang matang, boleh ya buat donat pisang ini. Donat ini enak, empuk dan lembut walaupun hanya 1x proofing saja. Cobain deh! 😍. Aku buat 1 1/2x dr resep aslinya. Jika mau lebih empuk lagi, silahkan pakai 2 butir kuning telur dan kurangkan jumlah susu cairnya ya. Suami sampai makan banyak, udah ga sabar lagi dia liat yang menul-menul ini 😆. Mertua pun sepakat bilang donat ini empuk dan mereka ga sangka ternyata pisangpun bisa dibuat donat hehe. Yuk, coba buat donat pisangnya. Selamat mencoba!😘 Source: Wilda mom's channel (sedikit modif) #CookpadCommunity_Palembang #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Sumbar

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Donat Pisang (1x proofing, EMPUK! 😋👍):

  1. 120 gr pisang ambon (aku pakai cavendish)
  2. 100 ml susu cair dingin
  3. 300 gr tepung terigu pro sedang
  4. 50 gr gula pasir
  5. 6 gr ragi instan
  6. 1 butir telur
  7. 45 gr unsalted butter
  8. 3/4 sdt garam

Langkah-langkah untuk membuat Donat Pisang (1x proofing, EMPUK! 😋👍)

  1. Blender pisang dengan 50ml susu cair. Simpan sisanya, kemungkinan diperlukan atau tidak krn tiap tepung berbeda tingkat kelembapannya. Sisihkan. Campur tepung terigu, gula pasir, ragi instan. Aduk rata. Masukkan telur dan blenderan pisang. Mikser/ulen sampai kalis. NOTE: jika adonan masih kering, tambahkan lagi susu cair
  2. Masukkan mentega dan garam. Mikser kembali sampai adonan kalis dan elastis dimana apabila adonan ditarik tipis tidak gampang sobek dan transparan. Disini adonanku agak lengket, jadi aku tambahkan sekitar 2-3sdm tepung terigu selama dimixing.
  3. Bagi adonan menjadi 12 bagian sama rata, bulatkan. Tutup adonan dgn kain serbet. Diamkan selama 10-15mnt.
  4. Ambil satu adonan. Celupkan kedalam tepung. Lalu bentuk plong atau bentuk manual seperti video dibawah ini. Letakkan adonan keatas baking paper yg telah dipotong-potong.
  5. Tata rapih dalam loyang. Tutup. Biarkan mengembang sampai 80%, kurang lebih selama 30-45mnt tergantung suhu ruangan. Tes adonan dgn cara menekan permukaan dgn ujung jari. Jika bekas tekanan jari membalnya lama, tandanya sudah siap tuk digoreng. Namun jika membalnya cepat, tandanya masih harus diresting.
  6. Goreng adonan kedalam minyak yang sedikit panas (160C) diatas api cenderung kecil. Balikkan donat disaat satu sisi telah kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
  7. Celupkan donat kedalam gula donat atau beri toping sesuai selera. Sajikan. YUM!

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat Donat Pisang (1x proofing, EMPUK! 😋👍) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!