Top10  

Resep Lemon Custard Bomboloni (1x proofing, EMPUK!)

Anda sedang mencari inspirasi resep Lemon Custard Bomboloni (1x proofing, EMPUK!) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Lemon Custard Bomboloni (1x proofing, EMPUK!) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Lemon Custard Bomboloni (1x proofing, EMPUK!), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Lemon Custard Bomboloni (1x proofing, EMPUK!) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Lemon Custard Bomboloni (1x proofing, EMPUK!) adalah 18 bomboloni. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Lemon Custard Bomboloni (1x proofing, EMPUK!) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Lemon Custard Bomboloni (1x proofing, EMPUK!) memakai 17 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Halo Sobat Cookpad 😘 Cukup pakai tepung terigu serbaguna saja bisa menghasilkan donat yang menul loh. Ini beneran salah satu resep donat favoritku saat ini, karena hanya 1x proofing aja tapi hasilnya selalu memuaskan. Lembut dan empuk!. Di rumah, keluarga sangat suka sekali donat. Pak Mertua sangat suka donat buatanku, katanya lebih enak dari yang di toko (uhhuuii!! 🀣). Kali ini aku buat Bomboloni dgn isian lemon custard. Menurutku lemon custardnya tidak terlalu manis sehingga kalau makan flanya yg berlimpah, tidak akan membuat eneg. Namun ini sesuai selera ya, jika sobat suka manis, tambahkan saja gulanya. Begitu selesai buat donat dan disemprot isian, beneran kan, Pak Mertua makan donatnya langsung 3 😍. Yuk, dicoba buat bomboloninya. Selamat mencoba dan happy baking!😘 Source: Delmira Cooking (donat), All Cooking Stuff (lemon custard) Donat Menul, soft and fluffy! (Tepung serbaguna) πŸ‘πŸ˜: https://cookpad.com/id/resep/15495296-donat-menul-soft-and-fluffy-tepung-serbaguna?ref=you_tab_my_recipes #cookpadcommunity_palembang #cookpadcommunity #cookpad_id #ResepWongKito

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Lemon Custard Bomboloni (1x proofing, EMPUK!):

  1. Bahan Donat
  2. 500 gr tepung terigu protein sedang
  3. 60 gr gula pasir
  4. 8 gr ragi instan
  5. 15 gr susu bubuk full cream (aku skip)
  6. 320 gr cairan dr susu cair uht + 2 kuning telur (aduk rata)
  7. 60 gr mentega/margarin
  8. 5 gr garam
  9. Bahan Lemon Custard
  10. 1 butir telur
  11. 2 butir kuning telur
  12. 60 gr gula pasir
  13. 25 gr tepung maizena
  14. 300 gr susu cair uht
  15. 120 gr Cream Cheese, suhu ruang
  16. 20 gr Lemon juice
  17. Secukupnya parutan kulit lemon dari 1 buah lemon

Langkah-langkah untuk membuat Lemon Custard Bomboloni (1x proofing, EMPUK!)

  1. Bahan Lemon Custard. – didalam wadah bersih, campur telur utuh, kuning telur, tepung maizena dan sebagian dari gula pasir. Aduk rata. Lalu tuang sebagian dari susu cair, aduk rata. Sisihkan – Didalam panci, masukkan cream cheese, sisa gula pasir dan sisa susu cair. Nyalakan api kecil saja, aduk rata sampai cream cheese meleleh saja (tidak perlu mendidih).
  2. Tuang sedikit-sedikit kedalam adonan telur, aduk rata. Masukkan perasaan lemon dan parutan kulit lemon. Aduk rata.
  3. Kembalikan cairan kedalam panci. Lalu masak diatas api sedang sampai adonan custard mengetal. Matikan api. Tuangkan kedalam piring, sebarkan, lalu tutup dengan plastic wrap menyentuh permukaan adonan. Sisihkan biarkan suhu ruang.
  4. Campur tepung terigu, ragi instan, gula pasir dan susu bubuk didalam wadah kering. Lalu tuangkan cairan susu dan kuning telur. Aduk rata dengan garpu. – Begitu bergumpal. Ulen kira-kira 5 menit sampai adonan tercampur rata dan kalis (tidak menempel pada wadah). Disini aku ulen menggunakan tangan dulu. Konsistensi adonan lembut dan terkesan lengket namun JANGAN tambahkan tepung. Jika dirasa kurang lembut, boleh tambahkan lagi susu cair. – Masukkan mentega dan garam.
  5. Ulen kembali adonan, jika menggunakan mikser, gunakan kecepatan sedang saja ya. Mikser adonan sampai adonan kalis serta elastis. Ambil sedikit adonan lalu rentangkan tipis, jika transparan dan tidak mudah robek dan mulus, stop mengadon. Bagi adonan menjadi 18 bagian (@52gr), atau sesuai selera ya. Jika 40gr maka kemungkinan dapat 22-23 buah. Bulatkan adonan, lalu tutup dengan plastic wrap atau kain serbet. Diamkan selama 15 menit.
  6. Setelah 15mnt, ambil 1 adonan. Taburkan tipis tepung atau bisa juga celupkan adonan kedalam tepung supaya tdk lengket. Pipihkan adonan dgn rolling pin atau dgn telapak tangan (ditepuk-tepuk). Letakkan adonan diatas kertas roti yg tlh dipotong². Ini tujuannya supaya gampang mengangkat adonan pd saat mau digoreng tanpa menyentuh adonan yg telah mengembang. Namun ini opsional ya. Ini supaya rapih aja 😊.
  7. Diamkan adonan selama 45mnt atau jika adonan ditekan dgn ujung jari dan membalnya agak lama. (jika membalnya terlalu cepat, adonan belum siap tuk di goreng) – Goreng donat kedalam minyak yg banyak dan hangat diatas api sedang cenderung kecil. Jika punya alat cek temperatur, maka goreng di suhu 160Β°C. Balikkan donat jika disisi lain telah kuning kecokelatan.
  8. Angkat dan tiriskan. NOTE, meniriskan donat jangan terlalu lama diberdirikan seperti foto dibawah krn nanti bagian bawahnya akan pipih. Tiriskan diatas cooling wrack saja (datar). Kocok rata lemon custard dgn spatula karet. Masukkan kedalam piping bag yg telah diberi spuit bulat.
  9. Celupkan donat kedalam gula donat lalu lubangi donat dgn menggunakan pisau, lalu semprot lemon custardnya. Sajikan selagi hangat. Donat served best warm, jika dinikmati keesokan harinya silahkan di microwave selama 30 detik sebelum dinikmati. YUM!

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat Lemon Custard Bomboloni (1x proofing, EMPUK!) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!