Berita  

DPRA Lakukan Pertemuan dengan PPRA Lemhanas, Bahas Tata Kelola Pemerintah Aceh Selama Ini

DPRA Lakukan Pertemuan dengan PPRA Lemhanas, Bahas Tata Kelola Pemerintah Aceh Selama Ini

Rombongan Lemhannas disambut Plt Ketua DPRA, Safaruddin bersama dua wakil ketua, Dalimi dan Hendra Budian serta ketua fraksi dan pimpinan

Laporan Masrizal | Banda Aceh

panthic.net, BANDA ACEH – Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) menerima kunjungan peserta Study Strategis Dalam Negeri (SSDN) Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LXIII tahun 2022 Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI di Ruang Serbaguna DPRA, Selasa (5/4/2022).

Rombongan Lemhannas disambut Plt Ketua DPRA, Safaruddin bersama dua wakil ketua, Dalimi dan Hendra Budian serta ketua fraksi dan pimpinan Alat Kelengkapan Dewan (AKD).

Dalam pertemuan tersebut, rombongan Lemhannas yang dipimpin Irjen Pol Drs Triyono Basuki Pujono MSI lebih mendengarkan paparan DPRA terkait tata kelola pembangunan Aceh selama ini.

Sehari sebelumnya, rombongan tersebut juga melakukan pertemuan dengan Pemerintah Aceh.

Plt Ketua DPRA Safaruddin menyampaikan bahwa Aceh sudah 16 tahun menikmati perdamaian dan terus berkomitmen memelihara perdamaian dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Baca juga: Wacana Penundaan Pemilu Masih Terus Menggelinding

Baca juga: Pria Bersenjata Pisau Serang Tiga Ulama di Kota Suci Syiah Iran, Satu Tewas, Dua Terluka Parah

“Semua butir-butir MoU Helsinki dan Undang-Undang Nomor 11 tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh (UUPA) adalah pedoman dalam melaksanakan tata kelola pemerintahan dan pembangunan di Aceh,” katanya.

Meski sudah 16 tahun damai, tambah Safaruddin, namun masih ada 9 Peraturan Pemerintah (PP), 3 Peraturan Presiden (Perpres), 59 qanun daerah yang merupakan turunan dari UUPA sampai saat ini belum sepenuhnya tuntas ditetapkan menjadi regulasi.

“Ini merupakan kendala yang dihadapi oleh Pemerintah Aceh dalam mengimplementasikan amanah dari UUPA dan butir-butir yang termuat dalam MoU Helsinki,” sebut Safaruddin.

Lebih lanjut Safaruddin menyampaikan, pengesahan rancangan qanun Aceh juga kerap mengalami kendala yang sangat signifikan, terutama mengenai pengaturan yang berkaitan dengan keistimewaan dan kekhususan karena selalu berbenturan dengan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi.

“Belum lagi dengan adanya ketentuan yang mengharuskan setiap produk hukum daerah harus memperoleh hasil fasilitasi dari Kementerian Dalam Negeri sebelum disahkan menjadi peraturan daerah,” terang politikus Partai Gerindra ini.

Dalam kesempatan itu, Safaruddin juga menyampaikan 10 kekhususan yang dimiliki Aceh sebagaimana diatur dalam UUPA. 

Mulai dari kewenangan untuk meminta konsultasi dan memberikan pertimbangan atas persetujuan internasional dan pembentukan undang-undang yang berkaitan langsung dengan Aceh hingga pengaturan dana otonomi khusus (otsus).(*)

Baca juga: Kebakaran Suzuya Mall di Banda Aceh, Petugas Butuh 31 Jam Pemadaman



#DPRA #Lakukan #Pertemuan #dengan #PPRA #Lemhanas #Bahas #Tata #Kelola #Pemerintah #Aceh #Selama #Ini

Sumber : aceh.tribunnews.com

Exit mobile version