Berita  

Hasil SNMPTN 2022, Aceh Tempati Lima Besar Nasional Penerimaan Siswa Terbanyak

Hasil SNMPTN 2022, Aceh Tempati Lima Besar Nasional Penerimaan Siswa Terbanyak

“Kita akan terus berupaya dan melakukan langkah apa pun untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Aceh.

Alhamdulillah, tahun ini anak-anak didik kita yang diterima di perguruan tinggi negeri berhasil menduduki posisi lima besar secara nasional,” ujar Alhudri di Banda Aceh, Kamis (31/3/2022).

Dunia pendidikan di Aceh tahun ini kembali meraih prestasi membanggakan dengan mencatatkan diri pada posisi lima besar dalam hal jumlah lulusan SMA dan SMK yang diterima di berbagai perguruan tinggi negeri melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022.

Berdasarkan data yang dikeluarkan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT), jumlah siswa-siswi SMA dan SMK dari Aceh yang terdaftar pada SNMPTN tahun 2022 sebanyak 14.768 orang dan yang diterima 5.793 orang.

Perjuangan Khusnul Khatimah menuju Sekolah Daerah Terpencil dengan berjalan kaki melewati jalan berlumpur dan membawa bayi. (Foto kiriman Kepsek SMP 4 Pante Bidari)

Bila dibanding dengan jumlah siswa-siswi yang lolos pada tahun 2021 lalu (5.626 orang), terjadi peningkatan 167 orang pada tahun ini.

Berdasarkan data LTMPT, Jawa Timur menduduki peringkat pertama dengan kelulusan 17.807 orang.

Peringkat kedua, Provinsi Jawa Barat (11.929 orang), Jawa Tengah pada posisi ketiga (9.762 orang), posisi keempat Sumatera Utara (8.776 orang), dan Aceh menempati ranking kelima (5.793 orang).

Untuk kategori rasio persentase penerimaan, Aceh merupakan satu-satunya provinsi di Pulau Sumatra yang berhasil masuk ranking 10 besar nasional.

Baca juga: Menyoal Rendahnya Mutu Pendidikan Aceh

Baca juga: Dinas Pendidikan Aceh Ingatkan Kepala Sekolah, Tak Berprestasi atau Kinerja Turun, Siap-siap Diganti

Dengan rasio penerimaan 39,23 %, Aceh berhasil menjadi jawara di Pulau Sumatra, mengungguli pesaing terdekatnya, Kepulauan Riau yang mencatat rasio penerimaan 32,13 %.

Untuk kategori ini, Provinsi Kepulauan Riau menduduki peringkat ke-13 secara nasional, sedangkan Aceh menempati posisi ke-6.



#Hasil #SNMPTN #Aceh #Tempati #Lima #Besar #Nasional #Penerimaan #Siswa #Terbanyak

Sumber : aceh.tribunnews.com

Exit mobile version