Berita  

Irigasi Lhok Naga Pidie belum Bisa Digunakan, Bangunan Telah Dibobol Warga

Irigasi Lhok Naga Pidie belum Bisa Digunakan, Bangunan Telah Dibobol Warga

Laporan Muhammad Nazar | Pidie

panthic.net, SIGLI – Proyek Bendungan Irigasi Lhok Naga di kawasan Gampong Pucok, Kecamatan Geumpang, Pidie belum bisa digunakan petani mengairi air ke sawah. 

Sarana pertanian itu dibangun tahun 2009 yang menggunakan Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) sebesar Rp 10 miliar.

Berdasarkan data diperoleh Serambinews.com, Minggu (3/4/2022) dari Bagian Sumber Daya Air pada PUPR Pidie, bahwa proyek Bendungan Irigasi Lhok Naga awalnya baru selesai dikerjakan 40 persen. 

Tahun 2009 dialokasikan dana bersumber dari Otsus dengan anggaran Rp 20 miliar. Namun, setelah dipotong pajak nilai kontrak proyek itu sebesar Rp 16.668.000.000. 

Proyek bendungan itu dibangun PT Waskita Takabea tidak selesai dikerjakan akibat proses pembebasan lahan sebagai akses masuk yang membutuhkan waktu September hingga Oktober 2009.

Akibatnya pekerjaan proyek itu baru dikerjakan November 2009. Waktu tersisa dua bulan sehingga rekanan tidak bisa merampungkan proyek bendungan Rp 16,6 miliar itu karena kesandung anggaran mati pada 15 Desember 2009.

“Bendungan Irigasi Lhok Naga belum berfungsi sejak dikerjakan pada tahun 2009,” kata Keuchik Pucok, Kecamatan Geumpang, Samsuar, kepada Serambinews.com, Minggu (3/4/2022).

Ia menjelakan, bangunan bendungan itu lebih rendah dengan saluran air yang letaknya lebih tinggi. Sehingga air di bendungan tidak bisa dialirkan ke saluran hingga ke areal persawahan.

Menurutnya, irigasi itu untuk tanaman padi di areal persawahan di Gampong Pucok, Leupu, Pulolhoi dan Bangkeh, yang totalnya ratusan hektare. 

Bendungan dibangun di aliran sungai sebagian telah ambruk sehingga batu dan kerikil menyumbat saluran irigasi.

“Petani sangat kecewa karena bendungan tidak berfungsi, petani akhirnya membobol saluran irigasi supaya air bisa mengalir ke areal persawahan secara manual,” jelasnya.(*)

Baca juga: Irigasi Kulu Mila Ambruk, 110 Hektare Tanaman Padi Kekurangan Air



#Irigasi #Lhok #Naga #Pidie #belum #Bisa #DigunakanBangunan #Telah #Dibobol #Warga

Sumber : aceh.tribunnews.com