Berita  

Maknyusnya Kanji Rumbi Pidie, Jadi Buruan Pecinta Kuliner, Menu Khas untuk Berbuka Puasa

Maknyusnya Kanji Rumbi Pidie, Jadi Buruan Pecinta Kuliner, Menu Khas untuk Berbuka Puasa

Laporan Idris Ismail I Pidie

panthic.net, SIGLI – Saban hari sekira pukul 11.00 WIB, Ramadhan (40), siaga penuh dalam mempersiapkan bumbu racikan untuk masakan Kanji Rumbi di Gampong Baroh, Kecamatan Pidie, Kabupaten Pidie.

Ia telah melakoni ‘Jasa upahan’ menu khas Kanji Rumbi warga selama tujuh tahun terakhir.

Ayah tiga anak ini selalu cekatan dalam memasak ‘Ie Bu Kanji’ sebagai menu khas kuliner berbuka puasa bagi masyarakat Aceh.

Kuliner khas ini sejak turun temurun telah dilakukan oleh para endatu di berbagai pelosok gampong sehingga menyehatkan bagi para penikmat.

“Terutama bagi warga yang menjalani ibadahpuasa, karena tekstur ‘Ie Bu Kanji’ lembut untuk dicerna oleh lambung serta memiliki kadar gizi yang baik,” jelas Ramadhan kepada Serambinews.com, Selasa (5/4/2022), saat disambangi di dapur umum meunasah gampong setempat.

Seluruh bahan sajian untuk kelengkapan Kanji Rumbi itu berasal dari dana donasi atau sumbangan secara sukarela dari masyarakat yang digalang jauh hari sebelumnya.

Baca juga: Kanji Rumbi Gratis di Islamic Center, Sehari Cukup untuk Seribuan Warga

Sejenak, usai Shalat Zuhur, seluruh bahan utama, baik beras untuk ukuran 10 sampai 12 bambu, serta kelapa parut buat dijadikan santan, ia boyong dari rumah.

Tak tertinggal berbagai bahan dukungan rempah lainnya serta udang dan ayam cincang sebagai bumbu tambahan. 

Lewat pengapian dengan menggunakan bahan bakar kayu untuk memanaskan tangku besi atau kuali besar, Ramadhan dengan sabar terus mengaduk racikan Kanji Rumbi selama dua hingga tiga jam.

Selepas Shlat Ashar, ratusan warga datang untuk mengambil penganan khas ini dengan menggunakan rantangan kecil atau kantong plastik guna dibawa pulang.

Baca juga: VIDEO Mencicipi Kanji Rumbi Gratis Di Masjid Agung Islamic Center Lhokseumawe 

“Saban hari, masakan ini ludes diburu warga,” tutup Ramadhan.(*)



#Maknyusnya #Kanji #Rumbi #Pidie #Jadi #Buruan #Pecinta #Kuliner #Menu #Khas #untuk #Berbuka #Puasa

Sumber : aceh.tribunnews.com

Exit mobile version