Berita  

Menko Airlangga : Kinerja Sektor Pariwisata Indonesia Mulai Menunjukkan Perbaikan

Menko Airlangga : Kinerja Sektor Pariwisata Indonesia Mulai Menunjukkan Perbaikan

Menko Airlangga : Kinerja Sektor Pariwisata Indonesia Mulai Menunjukkan Perbaikan

panthic.net, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa akselerasi ekonomi digital pada e-commerce dan online travel menjadi salah satu strategi efektif mendorong kinerja perekonomian nasional.

“Transaksi e-commerce memberi kontribusi terbesar bagi ekonomi digital Indonesia, di mana pada 2021 lalu nilainya mencapai 53 miliar dolar AS.

Jumlah ini diprediksi akan meningkat sampai 104 miliar dolar AS pada 2025 dengan level pertumbuhan 18 persen,” kata Menko Airlangga saat memberikan keynote speech secara virtual dalam acara “Power Lunch Asosiasi e-Commerce Indonesia (IdEA)” yang dikutip di Jakarta, seperti dilansir dari Antara, Jumat.

Pada 2021, nilai ekonomi digital Indonesia tercatat sebesar 70 miliar dolar AS dan merupakan yang tertinggi di ASEAN.

Baca juga: Menko Airlangga Hartarto Minta Doa Ulama Agar Pandemi Segera Berakhir dan UMKM Indonesia Bangkit

Jumlah tersebut diperkirakan akan mampu tumbuh hampir 5 kali lipat pada 2030 dengan nilai mencapai 330 miliar dolar AS.

Dari segi pariwisata, Airlangga menuturkan proses pemulihan sektor pariwisata dilakukan secara bertahap sejalan dengan perluasan upaya vaksinasi serta pelonggaran persyaratan/pembatasan perjalanan (open border).

Berdasarkan data UNWTO selama 2021 telah terjadi peningkatan Global Tourist Arrivals sebanyak 4 persen (yoy), namun masih lebih rendah 72 persen dibandingkan 2019.

“Di Indonesia sendiri, pemulihan sektor pariwisata masih perlu didorong, sebab pada 2021 lalu jumlah kunjungan wisatawan mancanegara baru mencapai 1,56 juta dan jumlah ini masih di bawah level sebelum pandemi yang mencapai 16,10 juta kunjungan,” katanya.

Kinerja sektor pariwisata Indonesia di awal tahun 2022 mulai menunjukkan perbaikan.



#Menko #Airlangga #Kinerja #Sektor #Pariwisata #Indonesia #Mulai #Menunjukkan #Perbaikan

Sumber : aceh.tribunnews.com