Berita  

MER-C dan Unimal Jalin Kerjasama Pendidikan Kedokteran Kebencanaan

MER-C dan Unimal Jalin Kerjasama Pendidikan Kedokteran Kebencanaan

JAKARTA – MER-C (Medical Emergency Rescue Committee) dan Universitas Malikussaleh (Unimal) menjalin kerja sama bidang pendidikan kedokteran kebencanaan.

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan MOU (Memorandum of Understanding) antara Rektor Universitas Malikussaleh, Prof Herman Fithra dengan Ketua Yayasan MER-C, dr Muhammad Reza Saputra di Jakarta.

Bersamaan dengan penandatanganan MOU, diikuti juga dengan penandatanganan MOA (Memorandum of Agreement) yang dilakukan antara Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh, dr Muhammad Sayuti SpB (KBD) dengan Ketua MER-C Training Center, dr Naenda Stasya, MARS.

15 Lembaga Legislatif Mahasiswa dari kampus di Aceh berkumpul di Universitas Malikussaleh (Unimal) selama empat hari, 26-29 Maret 2022 (FOR panthic.net)

Dekan Fakultas Kedokteran Unimal, dr Muhammad Sayuti SpB (KBD) mengatakan, bahwa kerjasama ini dalam rangka mencapai visi FK Malikussaleh menjadi FK yang unggul dalam bidang kebencanaan.

“MER-C menjadi salah satu partner kerjasama yang dipilih karena telah banyak berkiprah dalam bidang kedokteran kebencanaan,” katanya.

Pihaknya berharap kerja sama dalam dalam Tridharma perguruan tinggi, baik itu dalam bidang pendidikan, penelitian maupun pengabdian.

“Tentu banyak hal yang bisa kita kerjakan misal koordinasi ketika ada bencana-bencana nasional seperti pengiriman relawan-relawan dan di lapangan kita koordinasikan dengan MER-C salah satunya,” katanya.

Rektor Unimal, Prof Herman mengatakan, melalui kerja sama tersebut dan program Kampus Merdeka, Merdeka Belajar, FK Unimal bisa melibatkan mahasiswa dari prodi-prodi di bawahnya untuk ikut serta dalam kegiatan-kegiatan MER-C baik di level nasional maupun internasional.

“Kami ingin mendorong supaya membuka wawasan mahasiswa kami pada kegiatan yang tidak hanya bersifat nasional, namun juga internasional, agar mahasiswa kami mendapat pengalaman,” kata rektor.

Baca juga: Pusat Studi Arsip Kebencanaan Tsunami Diresmikan

Baca juga: Dorong Gampong Nusa Jadi Desa Wisata Edukasi Kebencanaan

Ketua Presidium MER-C, dr Sarbini Abdul Murad menyambut baik kerja sama MER-C dan Unimal.

“Ini adalah kerja sama yang monumental dan bersejarah bagi MER-C,” katanya.

Ia sepakat idealisme harus dibangun sejak dari mahasiswa, termasuk idealisme di bidang kemanusiaan.

“MER-C memiliki ahli-ahli di bidang emergency, sehingga nanti bisa kita rancang program-program yang sesuai.

Kita berharap FK Unimal menjadi pelopor dalam bidang kemanusiaan,” katanya. (ant)

Baca juga: Bupati Aceh Besar Terima Penghargaan Kebencanaan

Baca juga: Komisi V DPRA Konsultasi ke Kemendagri,Terkait Raqan Pendidikan Kebencanaan



#MERC #dan #Unimal #Jalin #Kerjasama #Pendidikan #Kedokteran #Kebencanaan

Sumber : aceh.tribunnews.com