Berita  

Anak, Aset Bangsa Ujung Tombak Kebangkitan Negeri

Anak, Aset Bangsa Ujung Tombak Kebangkitan Negeri

* (Refleksi Hari Kebangkitan Nasional)

OLEH ZAKIAH DRAZAT,  Anggota Komunitas Jurnalisme Warga Kota Banda Aceh, Bidan, dan Mahasiswa Prodi Magister Ilmu Kebencanaan (MIK) USK, melaporkan dari Banda Aceh

SETIAP 20 Mei kita peringati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas).

Adapun tema tahun ini ialah “Ayo Bangkit Bersama” yang ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Nomor 549/M.KOMINFO/ HM.04.01/05/2022.

Tema ini dipilih agar Harkitnas 2022 menjadi momentum bagi kita sebagai bangsa yang besar untuk bersama- sama mengobarkan semangat bangkit dari pandemi Covid-19 yang telah lebih dua tahun melanda dan berdampak ke segala sendi kehidupan.

Belum sepenuhnya Covid- 19 mereda, masyarakat kembali dicemaskan dengan munculnya hepatitis akut misterius pada awal Mei 2022.

Penyakit yang pertama kali ditemukan di Inggris Raya pada 5 April 2022 dan menyerang anak-anak ini dikabarkan telah masuk ke Indonesia.

Sebelumnya, melanda Kanada.

Juru bicara Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi M.Epid mengungkapkan bahwa pemerintah melalui Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan DKI Jakarta melakukan investigasi kontak untuk mengetahui faktor risiko terhadap tiga kasus hepatitis akut misterius pada anak (kemkes.go.id).

Baca juga: Maknai Hari Kebangkitan Nasional, Sekda Kota Sabang Ajak Warga Bangkit Dari Pandemi Covid-19

Baca juga: Kemenag Aceh Peringkat 5 Nasional Realisasi Anggaran

Meski belum diketahui pasti penyebabnya, tetapi menurut Prof Dr Hanifah Oswari, Dokter Spesialis Anak Konsultan Gastro Hepatologi RSCM FK UI, dugaan awal penyakit ini disebabkan oleh Adenovirus, SARS CoV-2, virus ABV, dan lain-lain.



#Anak #Aset #Bangsa #Ujung #Tombak #Kebangkitan #Negeri

Sumber : aceh.tribunnews.com