Berita  

Bibit Jagung Pioneer Langka di Gayo Lues

Bibit Jagung Pioneer Langka di Gayo Lues

Laporan Rasidan | Gayo Lues

panthic.net, BLANGKEJEREN – Para petani jagung di kabupaten Gayo Lues (Galus) kini masih kualahan untuk mendapatkan bibit jagung Pioneer (P32), hal itu terjadi setelah dalam beberapa hari terakhir ini bibit tersebut mengalami langka di kabupaten itu.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Serambinews.com, Sabtu (21/5/2022), beberapa kios atau toko penjualan pupuk dan alat pertanian (Saprodi) di kabupaten tersebut mengaku, dalam beberapa hari terakhir ini terjadi kelangkaan bibit tanaman jagung jenis Pioneer (P32). Bahkan para petani sempat kualahan untuk mendapatkan bibit yang paling diminati oleh para petani dan masyarakat selama ini.

“Dalam dua hari terakhir kita sempat mencari bibit jagung jenis P32 tersebut di beberapa toko atau kios pupuk dan Saprodi itu, namun alasan bibit lagi kosong dan mengalami langka dalam seminggu terakhir ini,”kata Sabri petani jagung di Kutapanjang, kepada Serambinews.com.

Begitu juga halnya akui sejumlah petani jagung lainnya di kecamatan Blangpegayon,  Alimudin  menyebutkan, banyak petani jagung sudah menyiapkan dan membersihkan lahan selama ini yang sudah siap untuk ditanami. Namun terjadi kelangkaan bibit yang dicari-cari dan diminati oleh para petani sempat yakni jenis Pioneer P32.

Masih menurut peta petani jagung itu, kalau jenis atau merek lain untuk  bibit jagung di kios dan di toko pupuk tersebut masih banyak, namun sangat jarang ditanam oleh petani selama ini dengan berbagai alasan dan pertimbangan. Bahkan bibit yang paling diminati dan di prioritas para petani jagung itu yakni bibit jenis P32 tersebut. Alasannya hasil panennya sangat memuaskan dan sudah terbukti selama ini.

Secara terpisah sejumlah pedagang atau pemilik kios pupuk mengakui, dalam beberapa hari terakhir ini terjadi kelangkaan bibit jagung jenis Pioneer P32, padahal bibit tersebut sangat diminati para petani dibandingkan dengan bibit jagung jenis atau merek lainnya selama ini.

“Jenis bibit P32 tersebut sudah terbukti bagi petani selama ini, terutama untuk hasil panennya sangat memuaskan dan disamping itu daya tahan juga berbeda dengan bibit lainnya, sehingga bibit jagung jenis Pioneer P32 tersebut paling diminati oleh masyarakat,” sebutnya.(*)

Baca juga: SMP IT Cendikia Takengon Wisuda 73 Siswa-siswi



#Bibit #Jagung #Pioneer #Langka #Gayo #Lues

Sumber : aceh.tribunnews.com

Exit mobile version