Berita  

Larangan Ekspor CPO Dicabut, Harga TBS Sawit di Aceh Masih Rendah, Terutama di Barsela, Ini Harganya

Larangan Ekspor CPO Dicabut, Harga TBS Sawit di Aceh Masih Rendah, Terutama di Barsela, Ini Harganya

Di Aceh Barat, hari ini, Senin, 30 Mei 2022, harga TBS di tingkat petani dibeli pedagang pengumpul hanya Rp 1.300 per kilogram.

Laporan Herianto | Banda Aceh 

panthic.net, BANDA ACEH – Harga tandan buah segar atau TBS kelapa sawit di Aceh belum meningkat setelah Presiden Joko Widodo mencabut larangan ekspor CPO, 23 Mei 2022. 

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, Ir Cut Huzaimah MP, menyampaikan hal ini kepada Serambinews.com di Banda Aceh, Senin (30/5) di Banda Aceh.

“Di Aceh Barat, hari ini, Senin, 30 Mei 2022, harga TBS di tingkat petani dibeli pedagang pengumpul hanya Rp 1.300 per kilogram.

Hal ini sesuai hasil pantauan lapangan petugas Dinas Perkebunan setempat,” kata Cut Huzaimah didampingi Kabid Pemasaran dan Produksi Perkebunan, Cut Regina. 

Cut Huzaimah mengatakan akhir April 2022, Kemendag menyetop sementara kran ekspor CPO dan produk ikutannya. 

Kebijakan ini untuk menata kembali suplai kebutuhan CPO di dalam negeri, terutama untuk pemenuhan kebutuhan bahan baku minyak goreng curah dan kemasan kelapa sawit.

Selain itu untuk kebutuham campuran bahan baku Bio Solar, namun sejak 23 Mei 2022, larangan ekspor itu sudah dicabut.

Sejatinya, kata Cut Huzaimah, setelah larangan ekspor CPO dicabut, perlahan-lahan harga TBS petani sawit di Aceh bergerak naik.



#Larangan #Ekspor #CPO #Dicabut #Harga #TBS #Sawit #Aceh #Masih #Rendah #Terutama #Barsela #Ini #Harganya

Sumber : aceh.tribunnews.com