Berita  

Pemerintah Aceh Kembali Kontrak 157 Proyek APBA 2022 Senilai Rp 127 M

Pemerintah Aceh Kembali Kontrak 157 Proyek APBA 2022 Senilai Rp 127 M

Laporan Herianto I Banda Aceh

panthic.net, BANDA ACEH – Pemerintah Aceh, Selasa (10/5/2022) kembali melakukan penandatanganan kontrak bersama tahap III untuk 157 paket proyek APBA 2022, dengan nilai Rp 127,69 miliar kepada rekanan yang telah memenangkan tender secara terbuka, yang tersebar di 25 Satuan Kerja Pemerintah Aceh (SKPA), di Gedung Serbaguna.

Sebelumnya telah dua kali dilakukan hal yang sama, sebanyak 1.085 paket, dengan nilai Rp 1,5 triliun, yang tersebar di 30 SKPA. Sehingga total paket proyek APBA 2022 yang telah dikontrakkan pada tahun ini jumlahnya menjadi 1.242 paket dengan nilai Rp 1,6 triliun.

Demikian disampaikan, Kepala Bappeda Aceh, H T Ahmad Dadek, SH MH dalam laporannya kepda Sekda Aceh, dr Taqwallah M.Kes pada cara penandatanganan kontrak bersama tahap III paket proyek APBA 2022 di Gedung Serbaguna Kantor Gubernur Aceh, Selasa (10/5/2022) di Banda Aceh.

• Rekanan Diminta Pakai Produk Lokal Untuk Proyek APBA 2022

Dadek menyebutkan, dari 157 paket proyek dengan nilai Rp 127,69 miliar yang kita kontrakkan secara bersama hari ini, yang tersebar di 25 SKPA, SKPA paling banyak adalah Dinas Perkim sebanyak 54 paket dengan nilai Rp 47,4 miliar, kemudian Dinas Sosial 19 paket dengan nilai Rp 13,1 miliar, Distanbun Aceh 11 paket dengan nilai Rp 7,1 miliar, Disnak 6 paket Rp 4,8 miliar, Dinkes 6 paket Rp 4,7 miliar, Dishub 6 paket Rp 4,6 miliar, RSUZA 6 paket 3,6 miliar, Dinas Dayah 6 paket Rp 1,5 miliar, Disdik 5 paket Rp 2,8 miliar Setwan 5 paket Rp 2,7 miliar DKP 5 paket Rp 2,4 miliar, Dispora 4 paket Rp 1,3 miliar, Arpus 11 paket Rp 11,5 miliar.

Selanjutnya Dinas PUPR 3 paket Rp 5,1 miliar, Dinas Kominsa 3 paket Rp 2,4 miliar, Dinas LKH 3 paket Rp 1,3 miliar, Disperindag 2 paket Rp 1,7 miliar, Dinas Koperasi dan UKM 2 paket Rp 1 miliar, BPBA 2 paket Rp 900 juta, Budpar 1 paket Rp 4,1 miliar, DSI 1 paket Rp 1,3 miliar, BPA 1 paket Rp 1,1 miliar, DPMG 1 paket Rp 620 juta, BPSDM 1 paket Rp 300 juta dan RSIA 1 paket Rp 240 juta.

• Teken Kontrak Tahap ll, Rekanan Diminta Manfaatkan Produk Lokal untuk Pekerjaan Proyek APBA 2022

Gubernur Aceh, Ir H Nova Iriansyah MT dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Aceh, dr Taqwwallah M.Kes mengucapkan terima kasih kepada Biro PBJ selaku penyelanggara lelang paket proyek APBA 2022 yang telah bekerja dengan baik dan cepat, serta kepada Tim SKPA dan pihak lainnya yang telah menyelesaikan tugasnya masing-masing dengan baik, sehingga acara penandatanganan kontrak bersama paket proyek APBA 2022 tahap III ini bisa terselenggara pada hari ini.

Penandatanganan kontrak bersama ini, kata Gubernur Nova dalam pidatonya, dilaksanakan masih memenuhi instruksi Presiden Tahun 2015.

“Harapan kami selanjutnya, adalah bagi rekanan yang telah melakukan penandatanganan kontrak bersama ini, segera melakukan pencairan uang muka, kemudian melanjutkannya bekerja di lapangan, sehingga anggaran belanja pembangunan Aceh, bisa bergulir di tengah masyarakat, hingga membuat perekonomian rakyat jadi hidup dan berjalan, masyarakat di kampung-kampung jadi senang dan bahagia, mendapat pekerjaan,” ujarnya.

Nova mengatakan, kontrak bersama ini, sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas publik dalam sistem pengadaan barang dan jasa di Aceh. Ini adalah amanah rakyat untuk saudara laksanakan dan memberikan yang terbaik kepada masyarakat. Ingat ini untuk masyarakat, berilah yang maksimal, terutama mutu konstruksi dan barang. Kepada konsultan pengawas kita minta untuk melakukan tugasnya pengawasannya dengan baik dan berkualitas.

Gubernur Nova juga meminta rekanan selaku pelaksana pekerjaan, lakukan pekerjaannya dengan penuh amanah dan jujur yang mencerminkan nilai-nilai syariat Islam, dalam keseluruhan proses pelaksanaan proyek pembangunan Aceh.

Kepada Kepala SKPA, KPA dan PPTK, Gubernur Nova mengingatkan, segera lakukan semua administrasi yang dibutuhkan untuk kelancaran proses pelaksanaan di lapangan, melakukan pengawasan dan pengendalian atas pelaksanaan proyek di lingkungan dinasnya masing-masing dengan rencana yang telah ditetapkan.

Selanjutnya, Gubernur Nova, juga menghimbau seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama mengawal semua operasional di lapangan. Selanjutnya Gubernur mengingatkan kembali kepada semua SKPA untuk segera menyelesaikan sisa paket yang belum ditender maupun yang belum purchase.

“Saya harapkan semua kegiatan yang telah dituangkan dalam anggaran tahun ini, lebih cepat dilaksanakan, sehingga bisa segara dinikmati oleh masyarakat Aceh, pada tahun ini juga, ”ujar Nova.(*)



#Pemerintah #Aceh #Kembali #Kontrak #Proyek #APBA #Senilai

Sumber : aceh.tribunnews.com