Berita  

Tim Laboratorium Balai Veteriner Medan Turun ke Abdya, Ini Hasil Temuannya

Tim Laboratorium Balai Veteriner Medan Turun ke Abdya, Ini Hasil Temuannya

Ia mengaku, sejauh ini belum bisa menyimpulkan apakah hewan tersebut terjangkit PMK atau tidak. Namun, dari ciri-ciri yang diamati pihaknya, contoh kasusnya hampir sama dengan daerah lainnya yang terjangkit PMK, seperti di Aceh Tamiang. 

Laporan Rahmat Saputra I Aceh Barat Daya

panthic.net,BLANGPIDIE – Tim Balai Veteriner Medan Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian melakukan cek darah dan swab terhadap sejumlah hewan ternak yang diduga terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK) di kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Jumat (3/6/2022). 

Kedatangan tim laboratorium itu, untuk merespon banyaknya hewan ternak di Abdya yang diduga terjangkit PMK. 

Kunjungan Tim Balai veteriner Medan itu, turut didampingi oleh Dinas Pertaniam dan Pangan (Distanpan), dokter hewan dan tim penyuluh peternakan, pihak kepolisian dan anggota DPRK. 

Ketua Tim dari Balai Veteriner Medan, drh Ruben Hasiolan Panggabean mengatakan, kedatangan pihaknya untuk mengambil sampel terhadap hewan-hewan yang diduga terjangkit PMK.

Untuk sampel, sabutnya, pihaknya hanya mengambil 10 ekor hewan yang diduga terjangkit, yang terdiri 5 ekor di kecamatan Blangpidie dan 5 ekor di kecamatan Babahrot.

“Kita mengambil swab, usap hidung dan juga nodul-nodul, lepuh-lepuh pada gusi dan lidah, dan darah,” ujar Ketua Tim dari Balai Veteriner Medan, drh Ruben Hasiolan Panggabean.

Ia mengaku, sejauh ini belum bisa menyimpulkan apakah hewan tersebut terjangkit PMK atau tidak.

Baca juga: Tim Balai Ambil Sampel Air Liur, Sejumlah Hewan Ternak di Nagan Raya Diduga Terpapar PMK

Namun, dari ciri-ciri yang diamati pihaknya, contoh kasusnya hampir sama dengan daerah lainnya yang terjangkit PMK, seperti di Aceh Tamiang. 



#Tim #Laboratorium #Balai #Veteriner #Medan #Turun #Abdya #Ini #Hasil #Temuannya

Sumber : aceh.tribunnews.com