Berita  

Ayo Periksa TBC Sekarang – Serambinews.com

Ayo Periksa TBC Sekarang

Oleh dr ASLINAR SpA M Biomed,  Staf Pengajar Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama dan Wakil Ketua IDAI Cabang Aceh

SETIAP tanggal 24 Maret diperingati sebagai Hari Tuberkulosis Sedunia.

Pada tahun ini mengusung tema “Periksa TBC Sekarang, untuk Masa Depan yang Lebih Baik”.

Negara kita, Indonesia masih menjadi negara dengan kasus tuberkulosis sangat tinggi di dunia, nomor tiga terbanyak setelah negara India dan China.

Estimasi jumlah kasus adalah 824 ribu, angka kasus TBC anak sebanyak 33.366, dan 8003 kasus TB HIV serta angka kematian mencapai 13.110 kasus.

Di dunia, mengacu pada WHO Global TB Report tahun 2020, 10 juta orang di dunia menderita TB dan menyebabkan 1,2 juta orang meninggal setiap tahunnya.

Data dari Kementerian Kesehatan RI menunjukkan bahwa terjadi penurunan pengobatan TBC dengan cakupan 67 % di tahun 2019 dan 42 % di tahun 2020.

Diperkirakan kondisi pandemi Covid-19 yang menjadi salah satu penyebab menurunnya cakupan pengobatan TBC berkaitan dengan susahnya akses masyarakat ke layanan kesehatan, ketakutan masyarakat untuk datang ke RS karena melonjaknya kasus Covid-19.

Dunia menargetkan untuk bebas TBC pada tahun 2050, sedangkan Indonesia berkomitmen untuk eliminasi TBC di tahun 2030 yaitu penurunan angka kejadian (incidence rate) TBC menjadi 65 per 100.000 penduduk dan penurunan angka kematian akibat TBC menjadi 6 per 100.000 penduduk.

Baca juga: Deteksi HIV dan TBC, Puluhan Napi Lapas Lhokseumawe Dites Kesehatan, Ini Hasilnya

Baca juga: Waspada! Ini 4 Penyakit Menular yang Paling Umum di Dunia, Ada TBC hingga HIV

Butuh usaha berbagai pihak atau lintas sektor untuk mewujudkan hal tersebut, bukan hanya menjadi tanggung jawab sektor kesehatan saja.



#Ayo #Periksa #TBC #Sekarang #Serambinewscom

Sumber : aceh.tribunnews.com