Top10  

Resep Donat Empuk Tanpa Ulen

Anda sedang mencari inspirasi resep Donat Empuk Tanpa Ulen yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Donat Empuk Tanpa Ulen yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Donat Empuk Tanpa Ulen, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Donat Empuk Tanpa Ulen enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Donat Empuk Tanpa Ulen sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Donat Empuk Tanpa Ulen memakai 15 jenis bahan dan 15 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bismillaah.. Perbarui resep lama.. recommended buat yang malas ngulen..👍☺️ Source: fb masakan rumahan harian

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Donat Empuk Tanpa Ulen:

  1. Bahan Biang:
  2. 160 ml air hangat (bukan panas y)
  3. 1 sdt gula pasir
  4. 2 sdt fermipan
  5. Bahan Dough
  6. 250 gr tepung terigu protein tinggi (me, cakra kembar)
  7. 100 gr tepung terigu serbaguna (segitiga biru)
  8. 1 butir telur
  9. 60 gr gula halus
  10. 45 gr margarin
  11. Sejumput garam
  12. Topping
  13. Glaze/DCC
  14. Miseseres
  15. Keju parut

Langkah-langkah untuk membuat Donat Empuk Tanpa Ulen

  1. Siapkan bahan
  2. Buat biang, dengan mencampurkan semua bahan, aduk hingga gula dan fermipan larut, tutup, diamkan selama 10-15 menit. Jika berbusa banyak berarti ragi aktif, jika tidak berarti ragi tidak bagus atau ragi mati karena air terlalu panas. Solusinya harus diganti ragi yang baru ya, jangan dipake bakal gagal donatnya.
  3. Campurkan bahan dough, kecuali margarin dan garam, aduk rata menggunakan sendok kayu/ spatula. Hingga benar² tercampur rata.
  4. Lalu masukkan margarin dan garam halus. Aduk hingga margarin benar² terampur rata. Aduk menggunakan tangan agar adonan mudah tercampur, rapikan yang lengket² ditangan menggunakan sendok
  5. Setelah tercampur rata saja tidak harus diuleni hingga kalis y, bulatkan adonan,sebelumnya kita olesi tangan menggunakan minyak tipis, dan wadah juga diolesi minyak tipis karena adonan lengket ya. Lalu bulatkan adonan, kemudian istirahatkan selama 40 -60 menit. Sesuaikan dengan suhu ruangan. Hingga adonan mengembang 2 x lipat. Tutup dengan kain serbet/plastik wrap y..
  6. Ini setelah didiamkan selama 1 jam. Adonan sudah mengembang, dan terbentuk serat rotinya. Lalu kempeskan adonan dengan meninju², aduk sebentar.
  7. Pindahkan ke alas kerja yang sudah ditaburi tepung tipis. Tekan² sebentar agar adonan mulus. Lalu bulatkan. Selama proses pembentukan donat kita selalu gunakan tepung tipis² y utk oles tangan dan alas karena adonanya memang lengket y.
  8. Bagi menjadi 4 bagian, lalu bulatkan, bagi lagi menjadi 16 bagian.
  9. Bulatkan dengan menarik² adonan ketengah. Lalu rounding, lakukan hingga habis.
  10. Ambil adonan yang pertama dibulatkan, lalu pipihkan sedikit, lobangi agar membentuk donat. Bisa menggunakan pangkal spuit/ tutup botol.
  11. Sisa bulatan kecil bisa dibentuk lagi menjadi 2 buah bulatan. Jadi total donat menjadi 18 biji.
  12. Setelah selesai dilobangi. Diamkan lagi adonan hingga mengembang, kira² 20- 30 menit.
  13. Ini setelah mengembang, buktinya jika diangkat adonan terasa ringan dan ditekan kembali secara perlahan. Jika ditekan berjejak/ tidak kembali berarti ofer proofing, jangan digoreng, dikempeskan lagi dan didiamkan lagi hingga mengembang. lalu panaskan minyak, dengan api sedang cenderung kecil. Goreng donat dengan 1 kali balik saja agar tidak menyerap minyak banyak.
  14. Angkat, tiriskan.
  15. Jika proofingnya pas maka akan terbentuk white ring dengan sendirinya. Tapi itu tidak harus y(prioritas) yang penting donatnya jadi dan empuk.. Beri topping sesuai selera.. ♥️

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat Donat Empuk Tanpa Ulen yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Exit mobile version