Top10  

Resep Donat kentang empuk dan lembut

Anda sedang mencari inspirasi resep Donat kentang empuk dan lembut yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Donat kentang empuk dan lembut yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Donat kentang empuk dan lembut, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Donat kentang empuk dan lembut enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Donat kentang empuk dan lembut adalah 12pcs. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Donat kentang empuk dan lembut diperkirakan sekitar 2,5 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Donat kentang empuk dan lembut sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Donat kentang empuk dan lembut memakai 12 jenis bahan dan 13 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bismillahirrohmanirrohiim.. Ini resep pertama aku post di cookpad ya teman2. Sebener'y udh banyak banget resep2 yg aku eksekusi secara aku suka bibikinan. Cuma krn ribet sama para bocil jd ngga sempet post di cookpad. Ngikutin cookpad udh lama dr bbrp th yg lalu. Inspirasi aku bibikinan banyak.. dr cookpad, youtube, bu fatmah bahalwan, chef devina hermawan, cookingwithhel, dan msh banyak lagi.. Utk pertama kali'y ini aku post recook donat kentang'y @fitrisasmaya. Ini udh kesekian kali'y aku bikin. Anak2 suka banget dg rasa dan tekstur'y. Ini lembut, empuk dan bisa berhari2, prnh aku coba 3hr msh empuk. Itupun aku sisain 1 buat eksperimen 🤭 cz asli'y br angkat dr wajan aja udh langsung diserbu para bocil. Ini aku buat cukup lama ya teman2 cz aku pake manual jd utk kalis elastis butuh kesabaran ekstra ditambah pny baby jd tertunda2 😁 Ini recomanded banget ya teman2 cookpad.. bisa dicoba ☺

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Donat kentang empuk dan lembut:

  1. 150 gr tepung protein tinggi (15 sdm)
  2. 100 gr tepung prorein sedang (9 sdm)
  3. 40 gr gula pasir (3 sdm)
  4. 100 gr kentang kukus dihaluskan (berat setelah dihaluskan / 7sdm)
  5. 1 sdm susu bubuk
  6. 1 butir telur
  7. 40 gr mentega/margarin suhu ruang (3 1/4sdm)
  8. 1/4 sdt garam halus
  9. Bahan biang:
  10. 1 sdt ragi instan
  11. 1 sdt gula pasir
  12. 75 ml air hangat (me: 55ml, saran dr mba @fitrisasmaya 55ml)

Langkah-langkah untuk membuat Donat kentang empuk dan lembut

  1. Siapkan semua bahan2 timbang dan takar dengan pas
  2. Buat biang, siapkan mangkok tuang ragi+gula tambahkan air hangat, lalu diamkan 10menit atau sampai berbusa atau keluar gelembung2
  3. Siapkan wadah, masukan terigu, susu bubuk, kentang, gula dan telur. Tuang bahan biang, aduk rata.
  4. Uleni sampai setengah kalis lalu tambahkan mentega dan garam.
  5. Uleni sampai kalis elastis. (Kalau ada mixer mending pake mixer spiral atau mixer yg bisa utk roti ya tmn2, krn saya mixer'y rusak jd diuleni manual, dan ini bener ekstra sabar banget klo ditangan masih berasa lengket aku kasih terigu pro tinggi sedikit sama mentega sedikit biar ngga lengket banget ke tangan)
  6. Setelah kalis elastis, bulatkan adonan dan tutup dg lap bersih atau plastik wrap biarkan sampai mengembang 2x lipat kira2 40 menit atau tergantung suhu ditempat masing2 ya
  7. Setelah mengembang 2x lipat, kempeskan lalu potong timbang adonan sesuai selera ingin besar atau sedang (me:30gr ini jadi ukrn yg sedang2 ya)
  8. Lalu bulatkan adonan dg cara ditarik sedikit dr atas bawa kebawah lalu bulat2kan di alas kerja ya agar hasil'y bulat dan mulus
  9. Siapkan kertas baking dan wadah yg lebar atau dimeja kerja taburi terigu sedikit agar adonan tdk lengket, letakan adonan yg sdh dibulatkan. Setelah selesai dibulat2kan Lalu istirahatkan sekitar 20menit atau sampai mengembang kembali. Hati2 jng sampai over profing krn klo over profing, pada saat digoreng akan mengembang bagus namun sesaat setelah keluar dr penggorengan akan keriput kulit'y.
  10. Setelah mengembang, lalu kempeskan lg sedikit lalu lubangi pada saat akan menggoreng (melubangi'y bisa menggunakan spuit atau totop botol bekas sirup)
  11. Panaskan minyak goreng dlm frypan atau wajan, biarkan minyak panas setelah minyak panas kecilkan api, goreng donat dg api kecil ya. Jika keluar gelembung2 udara saat digoreng bisa ditusuk sedikit gelembung'y dg tusuk sate agar gelembung udara keluar dan tdk menyerap minyak. Balik sekali saja agar tdk menyerap minyak dan keluar white ring'y.
  12. Angkat setelah coklat keemasan, dan beri toping sesuai selera.
  13. Selamat mencoba 😊

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat Donat kentang empuk dan lembut yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Exit mobile version