Berita  

Atlet Juara Dunia Angkat Besi Paralimpiade Ukraina Melarikan Diri ke Tempat Aman di Lviv

Atlet Juara Dunia Angkat Besi Paralimpiade Ukraina Melarikan Diri ke Tempat Aman di Lviv

panthic.net, ZAPORIZHZHIA – Dengan kursi roda bertengger di pangkuannya, juara dunia angkat berat Ukraina Raisa Toporkova melarikan diri dengan teman-temannya dari Kota Enerhodar.

Mereka telah kehilangan rumah mereka, tetapi tidak dengan selera humor mereka.

“Jika Rusia mengejar kami, setidaknya kami memiliki tongkat untuk membela diri,” canda Yevhenii Razikov, yang menderita cerebral palsy dan berbagi perjalanan berbahaya.

Dijejalkan ke dalam mobil dengan beberapa orang berkebutuhan khusus, Toporkova menghabiskan 12 jam merundingkan serangkaian pos pemeriksaan untuk melarikan diri dari kota di selatan Ukraina.

“Tidak mungkin untuk keluar dari mobil jika terjadi sesuatu,” kaya Toporkova, yang kelima di Paralimpiade Tokyo tahun lalu, di ibukota regional Zaporizhzhia, kepada AFP, Jumat (1/4/2022).

“Kursi roda saya ada di atas saya dan dua lainnya membutuhkan tongkat untuk berjalan,” ujarnya.

Lebih dari 10 juta orang Ukraina telah meninggalkan rumah mereka sejak Rusia menginvasi pada 24 Februari 2022.

Tetapi bagi penyandang disabilitas, perjalanan yang seringkali panjang dan sulit bisa menjadi pekerjaan yang hampir mustahil.

Pasukan Rusia menembaki Enerhodar, situs pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa, pada awal Maret, menyebabkan kebakaran, yang akhirnya padam.

Baca juga: Juara Dunia Kickboxing Maksym Kagal Tewas Saat Bela Ukraina, Anggota Unit Azov Neo-Nazi Ukraina

Toporkova, yang telah berada di kursi roda hampir sepanjang hidupnya karena gangguan pertumbuhan muskuloskeletal, mengatakan situasinya memburuk dengan cepat di Enerhodar.



#Atlet #Juara #Dunia #Angkat #Besi #Paralimpiade #Ukraina #Melarikan #Diri #Tempat #Aman #Lviv

Sumber : aceh.tribunnews.com