Berita  

Puasa yang Dirindukan Allah – Serambinews.com

Puasa yang Dirindukan Allah

Oleh Dr Lukman Hakim A Wahab MAg,  Dosen Teologi Islam pada Fakultas Ushuluddin dan Filsafat

DALAM sebuah hadis diceritakan bahwa menjelang datangnya bulan Ramadhan Rasulullah sering mengungkapkan kerinduannya dengan menyebut, “Marhabab ya Muthahhir” yang artinya “selamat datang wahai bulan yang membersihkan”.

Mendengar ucapan demikian para sahabat bertanya “membersihkan dari apa wahai Rasulullah? “kemudian Rasulullah bersabda “Ramadhan membersihkan kita dari dosa dan kemaksiatan.

Allah mempersembahkan Ramadhan sebagai bulan pembersihan dosa bagi hamba-Nya yang kukuh dalam keimanan.

Persembahan istimewa ini merupakan cerminan dari sifat Allah yang maha Latief (lembut), Rahim (kasih sayang) dan Ghafur (pengampun).

Kedatangan bulan Ramadhan adalah momentum untuk penghapusan dosa yang harus dimanfaatkan secara optimal.

Dalam sebuah hadist dari Abi Hurairah radhiyallahu berkata bahwa Rasulllullah saw bersabda ”Alangkah sayang seseorang yang telah dilewati Ramadhan kemudian berlalu tanpa sempat diampuni dosanya” ( HR.Tarmizi).

Mukmin yang sadar tentang keutamaan Ramadhan akan selalu merindukan kedatangannya, mendoakan umurnya dipertemukan dengan bulan mulia ini untuk menjadi wahana pembersihan diri dari dosa.

Mungkin pertanyaannya adalah puasa yang bagaimana yang dapat menghapuskan dosa dan puasa yang bagaimana yang dirindukan oleh Allah Swt? Sebab ditemukan juga dalam penuturan hadist tentang puasa-puasa yang tidak diharapkan Allah dan yang melaksanakannya hanya mendapatkan haus dan dahaga.

Baca juga: Ramadhan dan Kesadaran akan Pengawasan

Baca juga: Cukup 1 Sendok Makan, Minum Ini Saat Sahur Bisa Sehat & Kuat Selama Puasa Ramadhan Kata Zaidul Akbar

Sebagaimana yang disebutkan dalam sebuah hadits Rasulullah “Betapa banyak orang yang berpuasa namun dia tidak mendapatkan apa pun dari puasanya tersebut kecuali rasa lapar dan dahaga (HR.Al-Thabrany).



#Puasa #yang #Dirindukan #Allah #Serambinewscom

Sumber : aceh.tribunnews.com