Berita  

Calon Jamaah Haji Kloter Pertama Berangkat 4 Juni

JAKARTA – Dari 100.051 kuota haji Indonesia tahun ini, Kementerian Agama (Kemenag) membaginya menjadi 92.825 kuota haji reguler dan 7.226 kuota haji khusus.

Dari 92.825 kuota haji reguler tersebut, Kemenag membaginya lagi menjadi 241 kelompok terbang (kloter) dengan 236 penerbangan ke Arab Saudi.

Rencananya, Calon Jamaah Haji (CJH) reguler kloter pertama akan diberangkatkan pada 4 Juni mendatang.

Ada dua maskapai yang akan menerbangkan para jmaah yaitu Garuda Indonesia dan Saudia Airlines.

“Jamaah haji reguler terbagi dalam 241 kloter dan diperkirakan berangkat dalam 236 penerbangan dengan maskapai Garuda Indonesia dan Saudia Airlines,” kata Direktur Layanan Haji Dalam Negeri Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU)Kemenag, Saiful Mujab, dikutip dalam keterangan resminya, Selasa (10/5/2022).

Kemenag saat ini sedang memfinalisasi proses kontrak kerja sama dengan maskapai yang akan memberangkatkan dan memulangkan jamaah haji Indonesia itu.

“Proses koordinasi intensif dengan Kementerian Perhubungan, Kementerian Kesehatan, Gugus Tugas Pencegahan Covid-19, dan Pemerintah Daerah juga terus dilakukan dalam proses persiapan penyelenggaraan haji tahun ini,” ungkap Saiful.

Terkait penyiapan layanan asrama haji, Saiful menegaskan, pihaknya sudah melakukan proses sterilisasi asrama yang akan digunakan untuk lokus pemberangkatan jamaah.

Nantinya, ada sejumlah layanan yang disiapkan untuk jamaah seperti fasilitas penginapan selama 1×24 jam, pemeriksaan akhir kesehatan, pemberian gelang identitas, pemberian paspor, pemberian living cost (uang saku), serta pemantapan manasik haji.

“Di asrama haji, jamaah sebelum berangkat akan mendapat layanan konsumsi tiga kali makan dan dua kali snack,” kata Saiful.



#Calon #Jamaah #Haji #Kloter #Pertama #Berangkat #Juni

Sumber : aceh.tribunnews.com