Berita  

Nagan Raya Masih Aman dari Wabah PMK, Dinas: Bila Ditemukan Ada Gejala, Lapor ke Pos Pengaduan

Nagan Raya Masih Aman dari Wabah PMK, Dinas: Bila Ditemukan Ada Gejala, Lapor ke Pos Pengaduan

Laporan Rizwan | Nagan Raya

panthic.net, SUKA MAKMUE – Kabupaten Nagan Raya hingga kini masih aman dari jangkitan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak. 

“Dari laporan hingga kini masih belum ada ternak hewan yang terjangkit,” kata Plt Kadis Pertanian dan Peternakan Nagan Raya, Tarmizi, SP kepada Serambinews.com, Minggu (16/5/2022).

Diakui Tarmizi, dinasnya bersama Polres terus memantau dan melakukan pengawasan terhadap wabah PMK. 

Termasuk sosialisasi kepada peternak dan masyarakat tentang gejala dan bahaya PMK sehingga peternak bisa melakukan langkah-langkah pencegahan.

Tarmizi mengakui, posko pengaduan dan informasi terus dibuka di Poskeswan Simpang Peut, Kecamatan Kuala yang bekerja sama dengan Polres Nagan Raya. 

“Kami juga menyebarkan informasi kepada masyarakat bila mengetahui ada ternak yang ciri-ciri seperti PMK, segera dilaporkan ke pos sehingga tim turun,” katanya.

Baca juga: Atasi Wabah PMK, Pemkab Aceh Singkil Lakukan Pembatasan Masuk Ternak

Langkah lain, ujar Plt Kadistannak Nagan Raya, menutup akses perbatasan bagi ternak dari luar Nagan Raya ataupun ternak Nagan Raya keluar. 

“Bila ada ternak yang keluar atau masuk tanpa surat sehat ternak, maka akan ditindak. Kami mengajak masyarakat melapor,” ucapnya.(*)



#Nagan #Raya #Masih #Aman #dari #Wabah #PMK #Dinas #Bila #Ditemukan #Ada #Gejala #Lapor #Pos #Pengaduan

Sumber : aceh.tribunnews.com